Langsung ke konten utama

Agar Hidup lebih bermakna dengan menggunakan Prinsip Ikigai


Pernah gak sih kita merasa suntuk dengan rutinitas kita? Pagi kita berangkat kerja kemudian sorenya pulang terus malamnya istirahat sebentar main handphone sambil rebahan terus tidur kemudian paginya berangkat kerja lagi, mungkin kalau yang tinggal diperkotaan pasti gak asing lagi dengan rutinitas seperti itu.
            Rutinitas itu biasanya dilakukan hampir di hari kerja dan ketika weekend tiba, kita selalu menghabiskan waktu dengan berjalan-jalan ke luar kota atau ke tempat wisata, nongkrong di cafe mahal, main sama teman-teman atau rebahan sepuasnya di rumah untuk melepas lelah setelah seminggu bekerja.
            Kemudian setelah weekend selesai kita biasanya dihadapkan dengan hari kerja yang sungguh membosankan, hal itu dilakukan secara terus menerus, sampai banyak orang yang sangat bosan menjalani hidupnya sama bertanya untuk apa sih kita hidup dan bagaimana sih agar hidup kita lebih bermakna?
            Nah untuk menjawab pertanyaan itu saya punya filosofi yang menarik yang berasal dari Negeri Sakura yaitu Prinsip Ikigai. Kata Ikigai berasal dari bahasa Jepang yang artinya alasan untuk hidup. Secara filosofi Ikigai itu cara agar hidup kita lebih bermanfaat dan seimbang dalam berbagai aspek.
            Biasanya orang yang sudah signifikan menggunakan ikigai sebagai prinsip hidupnya biasanya orang itu lebih punya motivasi kerja yang kuat dan cepat mengambil tindakan akibatnya pekerjaan bisa dilakukan jadi makin cepat dan biasanya mempunyai etos kerja yang baik karena meyakini apa yang mereka kerjakan mempunyai dampak bagi mereka sendiri maupun orang lain, dari segi kesehatan pun mengatakan bahwa orang dengan prinsip ikigai biasanya minim terkena serangan jantung dan umur hidupnya lebih panjang bisa mencapai 80 tahun. Mungkin inilah alasan kenapa orang jepang mempunyai umur hidup yang panjang.
            Lalu bagaimana sih caranya kita menemukan Prinsip Ikigai?. Prinsip Ikigai mempunyai 4 aspek penting yaitu :
1. Apa yang kita sukai (Hobby)?
2. Apa yang kita bisa (Bakat)?
3. Apa yang dibutuhkan oleh Dunia/orang lain?
4. Apakah bisa mendapatkan imbalan?
            Untuk menemukan Ikigai keempat aspek itu harus dipenuhi. Sebagai contoh yang pertama misalkan seseorang baru menemukan Hobby dan Bakat itu namanya passion tapi apakah itu dibutuhkan oleh dunia atau akan mendapatkan imbalan? Apalagi kita hidup di Zaman yang harus serba menggunakan Uang bila apa yang kita kerjakan tidak bayar maka kita tidak bisa melanjutkan hidup karena kita akan kelaparan.
            Yang kedua misalkan seseorang sudah menemukan bakat dan sudah dapat dibayar atau lebih dikenal sebagai profesi tapi ternyata tidak dibutuhkan oleh orang lain dan orang itu tidak menyukai apa yang dijadikan profesinya itu maka hidup pasti akan senantiasa hampa, ketiga seseorang sudah dapat di bayar dan hal itu sudah dibutuhkan oleh orang banyak itu namanya pekerjaan tapi kalau bekerja tanpa sesuai dengan passion kita maka kita akan merasa bosan dan tidak ada motivasi kerja karena mereka tidak akan tahu untuk apasih mereka bekerja.
            Dan yang terakhir ketika seseorang sudah menemukan Misi dalam hidupnya yaitu apa yang mereka sukai dan apa yang bermanfaat bagi orang lain tapi tidak lengkap jika kita dibayar dan tidak berbakat dalam hal itu.
            Maka dari hal itu, prinsip ikigai sangat sekali dibutuhkan dan butuh menggabungkan dan menyeimbangkan keempat aspek itu agar hidup lebih bermakna dan mempunyai tujuan hidup.
            Untuk lebih paham prinsip Ikigai maka terdapat sebuah diagram :

            Dan yang terakhir ketika kita sudah menemukan Ikigai maka langkah selanjutnya adalah konsisten.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

CARA MEMBUAT APLIKASI PADA MIT APP INVENTOR

LANGKAH-LANGKAH DALAM PEMBUATAN  APLIKASI PADA MIT APP INVENTOR A.     Membuka App Inventor Versi Online 1.       Membuka google.com kemudian ketik “App Inventor” dan search.  2.       Memilih “MIT App Inventor” .  3.       Memilih “Create Apps” .  4.       Tampilan akan muncul seperti di bawah ini kemudian klik “Continue” .  B.      Membuat Aplikasi menggunakan App Inventor Versi Online. 1.       Mengklik “Start New Project” dan pilih “Project name” kemudian klik “Continue” . 2.       Setelah itu akan muncul tampilan seperti dibawah ini!. 3.       Pilih Screen 1 kemudian pilih “Display phone size” . 4.       Pada tampilan Screen 1, kita ubah klik “Title” ubah nama “SplashScreen”. 5.       Klik “User Interface” Tarik “Image” atur width dan height disini saya gunakan ukuran 315 x 315 lalu klik “picture” pilih gambar pada file sesuai tema yang diinginkan.   6.       Klik “Clock” untuk menentu

Cara Membuat Video Menggunakan Filmora

Wondershare Filmora  merupakan salah satu dari sekian banyak  editor  video yang berkembang di seluruh dunia. Berbagai versi turut ditingkatkan fitur-fiturnya sebagai bentuk pengembangan dari software tersebut. Wodershare Filmora cukup mudah digunakan terutama bagi mereka yang masih pemula dalam penggunaan software editor video. 1.         Mendownload dan menginstall Filmora ·          Untuk mendownload Filmora, klik link https://filmora.wondershare.net dan klik “Free Download” . ·          Menyimpan folder tersebut kemudian “Download” dan “Instal”   2.         Menggunakan Filmora ·          Membuka Filmora Pada Laptop. ·          Tampilan Filmora pada Laptop. ·          Klik “File” kemudian “New Project” dan memilih Resolusi yang dibutuhkan. ·          Klik “Import Media” kemudian “Import media Files” dan pilih video yang akan di edit. ·          Klik Video ke “New Project” .

Tegangan, Renggangan, dan Modulus Young

MATRIKS DAN PEMROGRAMAN BERBASIS MATLAB SERTA PERSAMAAN LINIER

  A.     Konsep Dasar Membentuk Array dan Matriks      Pada bagian ini akan dibahas mengenai sebuah struktur data yang disebut larik (array) . Larik adalah struktur data yang terdiri dari data yang bertipe data sama . Ukuran larik bersifat tetap, larik akan mempunyai ukuran yang sama pada saat sekali dibuat . Posisi dari larik biasanya disebut elemen . Elemen larik dimulai dari nol (0) . Penyebutan larik diberikan dengan cara menyebutkan nama lariknya dan di ikuti dengan indeksnya, dimana indeks dituliskan diantara tanda kurung siku .      MATLAB menyediakan operasi hitung antara skalar dengan array.Operasi hitung yang dapat dilakukan antara skalar dengan array adalah penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan perpangkatan.Khusus untuk operasi pembagian I dan operasi perpangkatan dipakai juga simbol  dot  (.) sebelum bagi dan pangkat. Contoh : >>k=5; >>a=[-1 2 1 3]; >>k+a ans = 4     7     6     8        Plot sederhanaakan diperlihatkan seba