Langsung ke konten utama

CARA MEMBUAT APLIKASI PADA MIT APP INVENTOR

LANGKAH-LANGKAH DALAM PEMBUATAN APLIKASI PADA MIT APP INVENTOR



A.    Membuka App Inventor Versi Online

1.      Membuka google.com kemudian ketik “App Inventor” dan search. 


2.      Memilih “MIT App Inventor”


3.      Memilih “Create Apps”


4.      Tampilan akan muncul seperti di bawah ini kemudian klik “Continue”



B.     Membuat Aplikasi menggunakan App Inventor Versi Online.

1.      Mengklik “Start New Project” dan pilih “Project name” kemudian klik “Continue”.



2.      Setelah itu akan muncul tampilan seperti dibawah ini!.


3.      Pilih Screen 1 kemudian pilih “Display phone size”.


4.      Pada tampilan Screen 1, kita ubah klik “Title” ubah nama “SplashScreen”.


5.     Klik “User Interface” Tarik “Image” atur width dan height disini saya gunakan ukuran 315 x 315 lalu klik “picture” pilih gambar pada file sesuai tema yang diinginkan. 


6.      Klik “Clock” untuk menentukan waktu yang dipakai pada splash screen. 




7.      Disini saya memasukan dua gambar untuk di tunjukan di splash screen. Kemudian klik “Blocks” untuk menyatukan kode-kode puzzle supaya splash screen dapat berjalan ketika membuka Aplikasi kemudian klik “Built-in” dan memilih“Contol” lalu Tarik puzzle ke daerah viewer.


8.      Selanjutnya dalam membuat “Menu” pilih “Add Screen” kemudian akan tampil “Screen 2”.


9.      Masukan gambar klik “image” pilih gambar dari file klik “Ok”.


10.  Klik “Layout” lalu klik “HorizintalArrangement” lalu klik “Backgroundcolor” pilih “default” kemudian atur “Height” dan “Width”


11.  Ulangi beberapa kali untuk menampilkan icon pada menu dengan klik “Layout” lalu klik “HorizintalArrangement” lalu klik “Backgroundcolor” pilih “default” kemudian atur “Height” dan “Width”dan klik “Button”  untuk menambahkan icon pada menu.


12.  Klik “Blocks” dan satukan kode-kode puzzle.



13.  Untuk menambahkan materi, Klik “Add Screen” kemudian beri nama “Materi” agar sesuai dengan kode puzzle. Klik “Layout” lalu klik “HorizintalArrangement” lalu klik “Backgroundcolor” pilih “default” kemudian atur “Height” dan “Width”dan klik “Gambar”  untuk menambahkan gambar.



14.  Untuk menambahkan Bagian Contoh Soal, bisa mengikuti cara nomer 13. 



15.  Untuk menambahkan bagian video penjelasan menggunakan cara nomer 13 dengan tambahan yaitu fitur WebViewer, sehingga perlu menambahkan screen baru untuk web yang terhubung.




16.  Untuk menambah link game dan soal (Evaluasi) bisa menggunakan cara nomer 13 dilanjut dengan menggunakan cara nomer 15.



17.  Untuk menambahkan bagian informasi bisa menggunakan nomer 13 


18.  Save project.




 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CARA PEMBUATAN APLIKASI PADA BLOGSPOT

  LANGKAH-LANGKAH DALAM PEMBUATAN APLIKASI PADA BLOG/WEB 1)       Membuat akun blog ke   https://www.blogger.com/blog/   dan sign in terlebih dahulu. 2)       Kemudian klik “New Posting” dan akan muncul seperti gambar dibawah ini!.   3)       Memberikan judul yg akan diberikan. 4)     Menambahkan tulisan, gambar dan mengatur paragraf, ukuran font, jenis font, alignment, dan sebagainya dengan memanfaatkan fitur yang ada. 5)       Mengklik “Publish” kemudian klik “Confirm” . 6)       Untuk mendapatkan klik gambar “Share”   7)       Blog Bisa dinikmati.

MATRIKS DAN PEMROGRAMAN BERBASIS MATLAB SERTA PERSAMAAN LINIER

  A.     Konsep Dasar Membentuk Array dan Matriks      Pada bagian ini akan dibahas mengenai sebuah struktur data yang disebut larik (array) . Larik adalah struktur data yang terdiri dari data yang bertipe data sama . Ukuran larik bersifat tetap, larik akan mempunyai ukuran yang sama pada saat sekali dibuat . Posisi dari larik biasanya disebut elemen . Elemen larik dimulai dari nol (0) . Penyebutan larik diberikan dengan cara menyebutkan nama lariknya dan di ikuti dengan indeksnya, dimana indeks dituliskan diantara tanda kurung siku .      MATLAB menyediakan operasi hitung antara skalar dengan array.Operasi hitung yang dapat dilakukan antara skalar dengan array adalah penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan perpangkatan.Khusus untuk operasi pembagian I dan operasi perpangkatan dipakai juga simbol  dot  (.) sebelum bagi dan pangkat. Contoh : >>k=5; >>a=[-1 2 1 3]; >>k+a ans = 4 ...

Agar Hidup lebih bermakna dengan menggunakan Prinsip Ikigai

Pernah gak sih kita merasa suntuk dengan rutinitas kita? Pagi kita berangkat kerja kemudian sorenya pulang terus malamnya istirahat sebentar main handphone sambil rebahan terus tidur kemudian paginya berangkat kerja lagi, mungkin kalau yang tinggal diperkotaan pasti gak asing lagi dengan rutinitas seperti itu.             Rutinitas itu biasanya dilakukan hampir di hari kerja dan ketika weekend tiba, kita selalu menghabiskan waktu dengan berjalan-jalan ke luar kota atau ke tempat wisata, nongkrong di cafe mahal, main sama teman-teman atau rebahan sepuasnya di rumah untuk melepas lelah setelah seminggu bekerja.             Kemudian setelah weekend selesai kita biasanya dihadapkan dengan hari kerja yang sungguh membosankan, hal itu dilakukan secara terus menerus, sampai banyak orang yang sangat bosan menjalani hidupnya sama bertanya untuk apa sih kita hidup dan bagaimana sih ...